Rabu, 02 Februari 2011

Legenda makhluk aneh di dunia Bag.5

Satyr

Satyr aslinya terlihat sebagai teman kambing-kambing dewa di masyarakat kuno Yunani. Gambaran pertama satyrs adalah laki-laki normal, walaupun sering terlihat dengan kemaluan yang sedang ereksi. Lalu digabungkan dengan mitologi Roma dimana mulai digambarkan sebagai setengah manusia (bagian atas) dan setengah kambing (bagian bawah). Satyr digambarkan sebagai makhluk yang nakal, merusak dan berbahaya, pemalu dan pengecut. Pada masa lampau sering mereka digambarkan mempunyai tanduk dikepala, dan yang muda terlihat mempunyai banyak masalah.
Cyclops

Cyclops adalah anggota dari ras manusia purba raksasa, yang mempunyai satu mata ditengah-tengah dahinya. Cyclops digambarkan sebagai Homer dan Hesiod. Berdasarkan pada Hesiod, Cyclops yang bernama Brontes, Steropes, dan Arges adalah anak-anak dari Uranus (langit) dan Gaia (bumi), sedangkan berdasarkan pada Homer kata Cyclops menuju pada anak laki-laki Poseidon dan Thoosa yang bernama Polyphemus yang adalah Cyclops.
Banshee

Banshee berasal dari mitologi Irlandia dan biasanya dikenal sebagai roh wanita. Mereka dianggap sebagai malaikat kematian dan diyakini berasal dari dunia lain. Mereka biasanya dikenal sebagai bagian dari penyembahan berhala agama Celtic kuno dimana mereka adalah bawahan Tuhan. Roh, atau nenek moyang. Di Inggris mereka dikenal sebagai peri. Berdasarkan legenda, banshee akan berkeluyuran diluar rumah sambil meraung-raung jika seseorang didalam rumah itu akan meninggal.
Giant

Giant atau raksasa digambarkan sebagai monster yang mempunyai kekuatan luar biasa dan ukuran lebih besar dari manusia. Mereka muncul di Alkitab (dalam cerita Raja David dan Goliath). Dalam mitologi mereka seringkali digambarkan mempunyai konflik dengan dewa-dewa dan biasanya dihubung-hubungkan dengan kekacauan dan alam bebas. Mereka muncul sama awalnya dengan kebudayaan Yunani kuno dimana mereka dikenal dengan nama gigantes, makhluk yang lahir dari Gaia yang dibuahi dengan darah Uranus ketika dia dikebiri.
eviathan

Leviathan adalah salah satu monster laut yang paling melegenda. Leviathan adalah salah satu tokoh di Talmud Yahudi (Perjanjian lama, Alkitab) yang merupakan seekor monster ganas yang mengarungi samudera.Leviathan dikatakan sebagai yang terbesar, ular naga laut (sea serpent) yang terbesar, dan terkuat, dan di Alkitab dilambangkan sebagai sesuatu yang jahat. Menurut legenda Yahudi kuno, Leviathan memakan satu ekor paus dalam sehari dan memiliki mata yang bercahaya didalam kegelapan malam ketika Leviathan melompat di samudera dan menyerang kapal. Hydra memang tidak tinggal di laut, tapi ia tinggal di rawa. Tetapi karena rawa bakau itu memiliki jalur ke laut juga, Hydra juga digolongkan sebagai sea serpent (ular naga laut). Hydra muncul didalam legenda Yunani kuno. Hydra adalah ular berkepala banyak yang bersenjatakan racun hydra yang legendaris dan tidak bisa disembuhkan, karena racun hydra akan langsung melelehkan kulit. Setiap giginya mengandung racun mematikan. Dan dikatakan bahwa Hydra tidak dapat mati.
Jormungandr

Jörmungandr adalah ular raksasa dalam legenda bangsa Viking. Jörmungandr adalah sea serpent putra Loki, saudara angkat dari Thor, dewa petir Viking pembawa palu legendaris, Mjolnir. Jörmungandr sering mengganggu keamanan laut dengan menyerang kapal2. Jörmungandr satu jenis dengan Leviathan. Pada akhirnya, Jörmungandr dikalahkan oleh Thor.
Hippogriff

Hippogriff adalah bangsa makhluk legendaris yang masih berkerabat dekat Griffin, yang seringkali dilukiskan sebagai makhluk berwujud setengah burung rajawali/elang, dan setengah kuda. Kepala dan badan depannya menyerupai rajawali sedangkan tubuh bagian belakangnya berupa tubuh dan kaki kuda. Menurut legenda, Hippogriff merupakan makhluk hasil perkimpoian antara kuda dengan Griffin.
Kesimpulannya, Hippogriff memang seperti Griffin, namun ia lebih jinak sehingga lebih mudah untuk dikendalikan. Dalam dongeng-dongeng dan kisah fiksi fantasi, Hippogriff sering berperan sebagai hewan peliharaan atau kendaraan bagi ksatria dan/atau tukang sihir. Hal itu membuat Hippogriff menjadi pilihan yang tepat untuk menjangkau tempat-tempat jauh, nyaman ditunggangi, dan secepat kilat.
Nymph

Dalam mitologi Yunani, Nymph adalah salah satu kaum dari makhluk legendaris yang berwujud wanita, tinggal di tempat-tempat tertentu dan menyatu dengan alam. Mereka diidentikkan dengan peri, atau bidadari yang tinggal di alam bebas. Mereka personifikasi dari alam, dan spirit dari tempat-tempat tertentu yang dapat ditemukan di alam liar, seperti sungai, pepohonan, air terjun, mata air, gunung, dan sebagainya. Mereka terbagi menjadi beberapa golongan sesuai dengan tempat dimana mereka bisa ditemukan. Contohnya: Dryad dan Hamadryad (Nymph yang tinggal di pepohonan); Naiad (Nymph air); Oread (Nymph di pegunungan). Nemean Lion

The Nemean lion adalah monster ganas dalam mitologi yunani. Nemean Lion adalah anak dari Typhon dengan Echidna, saudara Theban Sphinx.Diceritakan bahwa Nemean Lion dikalahkan oleh Hercules dengan tangan kosong karena tidak ada senjata yg dapat melukai Nemean Lion. Setelah Nemean Lion dikalahkan, kulitnya dijadikan mantel oleh Hercules.

sumber : legenda makhluk yunani

0 komentar:

Posting Komentar